Menulis Rumus Excel dengan Cara Menunjuk Mouse

Cara menulis rumus Excel yang ketiga adalah dengan menunjuk. Cara ini adalah cara yang paling praktis dan cepat, apalagi jika kita tipe orang yang “malas” untuk menulis. Terlebih lagi cara ini dapat mengurangi risiko kesalahan, misalnya salah ketik. Hebatnya penunjukkan sel tidak hanya terbatas pada worksheet saja, namun bisa antarworksheet bahkan antar workbook sekalipun!

Misalnya, anda ingin menghitung nilai yang berada di workbook satu dengan nilai yang berada di workbook dua.

Contoh penjumlahan antarworkbook

1. Caranya, aktifkan sel A7 karena nilai hasil penjumlahan akan ditempatkan pada sel tersebut.

2. Ketikkan simbol sama dengan (=), lalu tunjuk sel A3 dengan mouse pointer, kemudian ketik lagi simbol tambah (+), sehingga akan terlihat seperti pada gambar berikut.

Menunjuk sel pada workbook pertama

3. Kemudian buka workbook yang lain (misalnya, Book2.xlsx), tunjukkan mouse pointer pada sel A3.

Menunjuk sel pada workbook kedua

4. Sehingga secara otomatis rumus pada formula bar akan ditambahkan [Book2.xlsx]Sheet1!$A$3, yang artinya workbook dua berada pada dokumen dengan nama Book2, sheet1, sel A3. Tekan Enter, sehingga hasilnya akan seperti berikut.

Hasil perhitungan antarworkbook

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails