Perhitungan Otomatis di Excel (Autosum)

Fungsi-fungsi yang terdapat pada Autosum adalah fungsi-fungsi yang sering dan banyak digunakan untuk keperluan penghitungan. Fungsi-fungsi tersebut sebenarnya adalah fungsi-fungsi yang diambil dari kategori Statistical, Math & Trig. Oleh karena, sering dipakai itulah maka dibuatkan kategori AutoSum, agar proses penghitungannya menjadi lebih cepat.

Untuk membukanya klik ribbon Formulas, lalu pada grup Function Library klik tombol AutoSum, sehingga akan muncul beberapa menu pilihan.

Menu AutoSum


· Sum, digunakan untuk melakukan penjumlahan dalam suatu range.

· Average, untuk menghitung rata-rata dalam suatu range.

· Count Numbers, untuk menghitung jumlah data dalam suatu range.

· Max, untuk mencari nilai maksimal dalam suatu range.

· Min, untuk mencari nilai minimal dalam suatu range.


Jika data yang anda hitung berada tepat di atas atau di sebelah kiri dari posisi sel anda yang aktif (sel yang digunakan untuk penempatan hasil penghitungan), maka anda hanya cukup menyeleksi rangkaian sel yang ingin anda hitung, kemudian memilih jenis fungsi yang anda inginkan pada Autosum. Maka secara otomatis akan muncul nilai yang diinginkan.


Atau anda juga dapat mengaktifkan sel yang akan digunakan untuk memasukkan hasilnya, kemudian pilih fungsi yang diinginkan sehingga akan muncul formula seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Contoh penggunaan AutoSum


Pada gambar tersebut diperlihatkan formula =SUM(A2:D2) artinya penjumlahan akan dilakukan pada sel A2 sampai dengan sel D2. Jika anda menerima formula tersebut tekan Enter untuk melihat hasilnya. Namun jika tidak, anda juga dapat menyunting sel yang ingin anda jumlahkan dengan mengganti nama sel di dalam formula tersebut.


Untuk lebih jelasnya berikut ini diperlihatkan contoh penggunaan fungsi-fungsi yang terdapat pada AutoSum beserta dengan formulanya.

Penghitungan dengan Autosum


Fungsi

Formula

Jumlah

=SUM(F6:F15)

Rata-rata

=AVERAGE(F6:F15)

Jumlah Siswa

=COUNT(F6:F15)

Nilai Tertinggi

=MAX(F6:F15)

Nilai Terendah

=MIN(F6:F15)

Untuk menghitung sel pada kolom yang lain, anda hanya cukup melakukan AutoFill seperti yang sudah dijelaskan pada bab sebelumnya.